Program Gerakan Tanam Padi 2018 Di Camplong-Sampang

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Sampang : Pulau Madura merupakan daerah tandus dan apabila mau bercocok tanam atau menanam Padi para petaninya menggunakan sistem tadah hujan yaitu menunggu musim penghujan. Maka dari itu untuk mengubah pola pikir pulau madura khususnya kabupaten Sampang tentang tata cara tanam padi yang baik dan benar serta berkwalitas dengan tujuan untuk meningkatkan sumber bahan pokok pangan terutama beras.

Dalam peningkatan bahan pokok tersebut, pada hari Jum’at (13/04/2018) Pemerintah Kabupaten Sampang mengadakan program kegiatan percontohan tanam padi yang berlokasi di Desa. Batokarang kecamatan Camplong, acara dimulai sejak jam 08.00 Wib dan di pimpin secara langsung oleh Plt. Bupati Sampang (Drs. EC. Jonathan Judianto, M.MT) beserta jajarannya, serta juga yang hadir diantaranya Sekretaris Daerah, Kejaksaan Negeri, Kapolres Sampang (AKBP Budi Wardiman, SH. S.IK) Dandim 0828 (Kolonel Inf. Indramabodi), Kepala Dinas Pertanian (Ir. Hari Soeyanto, M.M), Camat Camplong (M. Taufiq) dan Kepala Desa Batokarang (Su’ud).

Dikesempatan terpisah dalam wawancaranya dengan pihak media, Plt. Bupati Sampang (Drs. EC. Jonathan Judianto, M.MT) menyatakan, “Saya mengambil lokasi di Desa. Batokarang Kecamatan Camplong ini karena sumber mata airnya cukup memadai dari pada desa-desa lainnya, selain itu masyarakat di sini sebagian besar petani, dan sekaligus saya dengan Dinas Pertanian Sampang memperkenalkan tata cara tanam padi dan bibit padi unggul berkwalitas juga cepat panen dengan nama GOGO “, Ungkap Beliau.

Selanjutnya Drs. EC. Jonathan Judianto, M.MT mengatakan,” Tidak lupa saya pribadi mengucapkan banyak terima kasih kepada aparatur negara TNI/Polri, Forkompinda, staff kecamatan dan Kepala Desa beserta masyarakat Batokarang yang ikut membantu suksesnya program ini”, Kata Drs. EC. Jonathan Judianto, M.MT. Sedangkan Kapolres Sampang (AKBP Budi Wardiman, SH. S.IK) mengungkapkan, “Saya menyambut baik dan positif dengan adanya kegiatan seperti ini, dikarenakan petani merupakan pahlawan pangan bagi Bangsa, sehingga dengan diadakan kegiatan tanam Padi Gogo tersebut petani bisa mengetahui cara bercocok tanam dengan baik, yang bertujuan untuk meningkatkan sumber bahan pangan di Sampang “, Ujar AKBP Budi Wardiman, SH, SIK.

Untuk Kepala Desa Batokarang (Su’ud) mengatakan,” Sebetulnya dalam bulan-bulan terakhir ini sedikit curah hujannya, untuk mengantisipasinya, saya bekerja sama dengan masyarakat melakukan inisiatif pengeboran untuk mendapatkan sumber mata air dan selanjutnya pengirigasian ke sawah-sawah penduduk, selain itu air tersebut bisa juga digunakan untuk kebutuhan masyarakat Batokarang “, Pungkas Su’ud.
Program kegiatan penanaman padi 2018 di Desa Batokarang – Camplong dikerjakan secara bergotong royong oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali, sehingga acara berakhir sekitar Jam 10.30 Wib. #(Tollip)#