KEGIATAN DANA DESA 2017 DIBORONGKAN

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
WH Brebes : Pemerintah sebelum mengeluarkan program dana desa sudah memberi aturan tentang desa yang tertuang dalam undang-undang No. 6 tahun 2014 dan PP (peraturan pemerintah) No. 60 tentang tatacara pengelolaan kegiatan yang bersumber dari APBN. hal inipun sebelumnya sudah di sosialisasikan baik ditingkat kabupaten maupun tingkat kecamatan yang maksudnya agar pemerintah desa bisa memahami tatacara dan aturan dari kegiatan yang bersumber dari dana desa.
Tetapi tetap saja ada beberapa desa seperti Desa Kertaharja Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal Jateng, diduga dalam pelaksanaan kegiatan dana desa tahun 2017 yang peruntukanya untuk kegiatan bangunan jembatan yang berlokasi di Persawahan Pedukuhan Dukuh Mingkrik Desa Kertaharja diduga pelaksanaan kegiatan itu diborongkan/memakai pihak ketiga.
Kepala Desa Kertaharja ketika dikonfirmasikan kegiatan bangunan jembatan dana desa tahun 2017 mengakui bahwa memang benar pekerjaan jembatan tersebut diborong oleh Sumarto orang pagianten Selawi Kabupaten Tegal. Kades Darjipun mengatakan dengan tegas bahwa pekerjaan itu tidak meyalai aturan dengan alasan kegiatan yang berat, sosialisasinya boleh memakai pemborong/pihak ketiga tegasnya.
Sementara itu Beni selaku Sekdes didampingi oleh pendamping desa ketika dikonfirmasi kegiatan bangunan jembatan itu juga membenarkan memakai pihak ketiga ketika dikejar pertanyaan oleh awak media terkait yang mekanismenya kegiatan dana desa yang harusnya dikerjakan secara swakola dan dilaksanakan oleh TPK merasa grogi, ketika ditanya dengan SPJ dijawab oleh pendamping desa bahwa SPJ itu secara adminitrasi tidak ada masalah sementara fakta bangunan dilapangan belum pinising 100% malah pada waktu ini dalam taraf penyelesean pinising diantaranya untuk pengaman dan kedua belah bahu jembatan masih taraf pekerjaan.
Sedangkan kalau menurut aturan deatline / batas waktu pekerjaan harusnya akhir desember 2017 selesai, sementara Gufron selaku ketua TPK ketika ditanya hal pekerjaan jembatan juga menjelaskan kalau pekerjaan itu diborongkan lewat pihak ketiga malah mengakui memang belum pinising 100%  jelasnya.
Bagaimana pihak kecamatan selaku team edvis yang mengawasi dan monitor kegiatan program dana desa yang ada di desa kertaharja kecamatan pagerbarang kabupaten tegal jateng mengambil sikap dengan kondisi kegiatan program dana desa yang belum selesai itu dan bagaimana peran dari PJOK kecamatan pagerbarang dalam hal merekomendasikan pencairan dana, apakah tidak melihat atau memonitoring langsung kegiatan bangunan jembatan Desa Kartaharja tersebut. (Fajar/Jarodin )