Pembukaan Rapat Paripurna Pertama Tahun 2018 Eksekutif dan Legeslatif Serta Pembahasan Raperda Oku

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Baturaja : Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Dari Gedung Dewan Perwakilan Rakyat DPRD Kab OKU, pada hari Senin 2/4/2018. Menggelar Rapat Paripurna serta Penyampaian Raperda Kab. OKU, Tahun 2018 ada sebanyak 12 (dua belas) rancangan peraturan daerah atas usul pihak eksekutif dan ditambah 3(tiga) rancangan peraturan daerah atas usul dan Inisiatif DPRD OKU, Sehingga total Raperda yang di bahas pada tahun 2018 berjumlah 15 Raperda, rapat yang diselenggarakan di ruang Paripurna.

Rapat paripurna ini, yang langsung dihadiri oleh Bupati Oku Drs. H. Kuryana Azis, Wakil Bupati OKU Drs. Johan Anuar SH MM, Ketua DPRD Kab. OKU, Zaplin Ipani SE, Wakil ketua, dari komisi satu serta komisi dua dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat DPRD Kabupaten Ogan Komering Ulu OKU lainnya
Kapolres (OKU) yang diwakili Dandim 0403 (OKU) yang diwakili Ketua Pengadilan Agama Baturaja yang diwakili Kepala Kantor Kementerian Agama (OKU), yang diwakili Kepala Dodiklatpur Rindam II/SWJ, yang diwakili Yon Armed 15/105 Tarik yang di wakili Kepala Puslatpur TNI-AD yang diwakili Direktur Rumah Sakit Dr. Noesmir Baturaja yang diwakili Kepala Subdenpom TNI Baturaja, Sekertaris Daerah (Sekda), para Staf Ahli Bupati, Sekertaris Dewan Para Asisten Sekda OKU, Kepala Dinas se-OKU Kepala Badan se-OKU, Kepala Kantor, Kepala bagian Sekda OKU, para Camat, kepala satuan unit kerja dilingkungan Sekda OKU, Kepala Blud Kab OKU, Direktur Rumah Sakit Umum Dr. H. Ibnu Sutowo Baturaja, Rektor/Direktur Perguruan tinggi, Pimpinan BUMD, dan BUMS Se-Kabupaten OKU, serta para sesepuh, Toko Masyarakat, Tokoh Agama Para pengurus partai politik, pengurus Organisasi Wanita Se-Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Sidangan Ke-I dalam Rangka Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah Kab. OKU, dibuka oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) OKU, Zaplin Ipani SE.
Ketua (DPRD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU). Dalam pembukaannya mengatakan,” sesuai dengan jadwal rapat paripurna pembahasan rancangan peraturan daerah Kab. OKU, pada rapat paripurna ini, kita akan mengikuti dan mendengarkan penyampaian rancangan peraturan daerah Kab OKU, tahun 2018 yang diusulkan oleh Bupati Kab. (OKU), dan rancangan peraturan daerah Kab. (OKU), atas usul dan Inisiatif (DPRD),”katanya.

Perlu kami sampaikan, lanjut Zaplin, “bahwa jadwal pembahasan rancangan peraturan daerah saat ini sangatlah terbatas, namun demikian kita berharap keterbatasan waktu yang ada tidak akan mengurangi kwalitas dari hasil pembahasan Raperda, dimaksud sebaliknya keterbatasan waktu ini menjadi tanganan bagi kita untuk menghasilkan produk hukum yang berkwalitas sesuai yang diharapkan dan Akhirnya mampu menciptakan kepastian hukum dan situasi yang kondusif dalam kehidupan Masyarakat, Undang-undang Dasar 1945 dalam penjelasannya menyatakan bahwa kita adalah negara hukum,”papar Zaplin Ipani SE.

Lebih lanjut Zaplin mengukapkan.”Sebagai konsekwensi dari Negara hukum, maka seluruh aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara termasuk dalam penyelenggaraan pemerintahan harus berdasarkan hukum, untuk mengimplementasikan serta mewujudkan cita-cita Bangsa dan amanat Konstitusi tersebut maka selain membentuk, institusi hukum sebagai pelaksana terlebih dahulu harus diawali dengan pembentukan produk hukum itu sendiri termaksud peraturan daerah,”ungkapnya.

Pembentukan peraturan daerah.” Antara lain kejelasan tujuan kelembagaan kesesuaian antara jenis dan materi muatan serta daya guna dan hasil guna dari pada peraturan daerah tersebut. Dalam pembahasan rancangan peraturan daerah yang kita mulai hari ini hendaknya selalu berpedoman pada ketentuan tentang pembentukan peraturan daerah sebagaimana diatur dalam perundang-undangan baik itu berupa Undang-undang peraturan pemerintah dan peraturan lainnya yang ada keterkaitan dengan peraturan daerah yang di bahas,”jelas Ketua DPRD OKU yang ramah itu.

Tambahnya lagi, “Kami berharap muda-mudahan pembahasan rancangan peraturan daerah Kab. OKU ini akan berjalan lancar dan pada gilirannya nanti akan bermanfaat bagi kehidupan masyarakat oku baturaja yang terkenal dengan kota berjulukan kota bumi Sebimbing Sekundang yang kita cintai dan kita banggakan ini ,”terang Zaplin.

Di kesempatan yang sama, Dalam pidato pengantarnya Bupati OKU, Drs H Kuryana Azis menyampaikan, terhadap 5 (lima) Rancangan Peraturan Daerah kabupaten Ogan Komering Ulu(OKU),tahun 2018.” Sesuai Yang telah disampaikan dengan surat bupati Kab.(OKU) tanggal 28 Maret 2018 Nomor 188.342/056/II/2018,”kata bupati OKU Drs H Kuryana Azis.

Lanjut Kuryana, “Yang pertama, Raperda tentang perubahan atas peraturan daerah Nomor 3 tahun 2016 tentang Rencana pembangunan Jangka Menengah daerah Kab. (OKU) 2016-2021; 2.(Kedua) Raperda tentang Badan Permusyawaratan Desa, 3.(tiga) Raperda tentang pengelolaan Barang milik Daerah, 4.(empat) Raperda tentang perubahan kedua atas peraturan daerah Nomor 10 tahun 2015, tentang pemilihan kepala desa, 5.(lima) Raperda Kab.OKU tentang perubahan atas peraturan daerah Kab OKU Nomor 22 tahun 2012 tentang Rencana tata ruang wilayah Kab OKU,Tahun 2012-2023,”jelas Kuryana

Selanjutanya untuk pembahasan ke-6.(enam) Raperda Kab OKU atas usul Inisiatif DPRD Kab OKU, tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa, yang disampaikan Oleh, Ketua BPPD, Yopi Sahrudin S.Sos,” rancangan peraturan daerah tahap pertama ini, kami usulkan rancangan peraturan daerah Inisiatif (DPRD) Kab OKU, dengan tema Pembentukan Lembaga Kemasyarakatan di Desa dan Kelurahan, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa desa dan Kelurahan merupakan lembaga pemerintah yang terkecil sebagai ujung tombak dalam melaksanakan pelayanan masyarakat Pemberdayaan Masyarakat,pelaksanaan pemerintah dan pembangu nan,”jelas Yopi,

“Beberapa hal yang kami jelaskan satu persatu tersebut diatas itulah yang menjadi dasar pemikiran anggota DPRD Kab OKU Untuk merubah peraturan daerah Nomor. 23 tahun 2017, menjadi peraturan daerah baru, sebab jika dilakukan perubahan baik penambahan pengurangan, penghapusan serta penyisipan pasal maupun pengguna peraturan daerah, oleh sebab itu anggota DPRD Kab OKU, berkesimpulan dan sepakat untuk melakukan pembentukan peraturan daerah baru, yang berjudul Pembentukan Lembaga Kemasyarakatan di Desa dan Kelurahan,se kabupaten oku”pungkasnya. ADV/s\Subrians