Kunjungan Kerja Plt. Bupati Sampang ke Pulau Mandangin

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Sampang : Dalam peningkatan pembangunan kabupaten Sampang, khususnya pulau Mandangin yang merupakan satu-satunya pulau atau desa tertinggal jauh dari desa-desa lainnya di kecamatan kota maupun kabupaten Sampang. Untuk itu pada hari Sabtu (24/03/2018), sekitar jam 11.00 Wib Plt. Bupati Sampang (Drs. EC. H. Jonathan Judyanto, M.MT ) dan Sekretaris Daerah (Sekda) beserta seluruh Kepala Dinas (SKPD) se kabupaten Sampang, Kapolsek- Danramil Sampang, seluruh Kepala Puskesmas dan juga para Dokter serta para rombongan lainnya tiba ke Pulau Mandangin untuk kegiatan kunjungan Kerja terkait ketertinggalan dalam segala sektor. Adapun Plt. Bupati Sampang beserta rombongan di terima langsung oleh Kepala Desa, OPD, BPD, Ibu-ibu PKK dan para penduduk desa pulau Mandangin.

Dalam sambutannya Kepala Desa pulau Mandangin (H. Saiful Anam) mengatakan, “Kami selaku kepala desa mewakili seluruh masyarakat desa pulau mandangin sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Bapak Drs. EC. Jonathan Judianto, M.MT selaku Plt. Bupati Sampang beserta seluruh rombongan yang dari Sampang, karena dengan demikian bisa dapat terjun dan turun serta melihat langsung keadaan sesungguhnya pulau mandangin ini yang merupakan satu-satunya pulau di kabupaten Sampang”, Kata kepala desa pulau mandangin.

Selanjutnya H. Saiful Anam memaparkan, “Luas Pulau Mandangin seluas 165 km2, dengan jumlah penduduk 21.534 jiwa dan 6.566 KK, untuk penduduk miskin 3.840 jiwa (67%) yang mendpatkan BPJS masyarakat miskin 2.762 (37%), tapi kenyataan di lapangan dari hasil verifikasi yang mendapatkan BPJS masyarakat miskin hanya 15% saja, jadi sekitar 85% belum mendapatkannya, itupun dikarenakan kurang validnya pendataan, dari sektor Pendidikan di pulau mandangin mulai dari PAUD sampai SMKN sudah ada, tetapi karena faktor kurang keperdulian masyarakat di sini, sehingga setelah lulus SD tidak melanjutkan lagi.
80% masyarakat di pulau ini bermata pencaharian nelayan, sedangkan sisanya (20%) petani dan pedagang sebagai kecil merupakan pegawai negeri sipil.

Untuk infrastruktur ekonomi kendalanya ialah Sumber air bersih dan sanitasi lingkungan, dulu memang ada proyek mengenai pengelolaan air asin menjadi air tawar, namun tidak semua masyarakat di pulau mandangin bisa merasakan dan menikmati manfaatnya, karena disebabkan terlalu mahal biayanya, untuk jalan di sini mulai dahulu sampek sekarang belum pernah ada perbaikan dari Pemerintah, sehingga tidak ada perubahan dan semakin rusak parah, padahal jalan tersebut merupakan akses penghubung, dana DD dan ADD tidak mencukupi untuk perbaikan. Yang terakhir adalah masalah kesehatan masyarakat pulau mandangin karena terjadi peningkatan terjangkitnya penderita penyakit TBC dan juga banyaknya balita yang mengalami gizi buruk, maka dari itu kami mengharap kepada dinas kesehatan bisa nenanggulanginya dan masyarakat pulau mandangin bisa dapat hidup sehat di daerah perkotaan,” Ungkap H. Saiful Anam.

Sedangkan Plt. Bupati Sampang (Drs. EC. Jonathan Judianto, M.MT) dalam sambutannya mengutarakan,” Dulu waktu saya jadi staff memang penasaran dan ingin tahu tentang Pulau mandangin ini dan syukur alhamdulillah Keinginan saya dikabulkan oleh Allah SWT, pada hari ini saya dengan istri bisa dapat menginjakkan kaki di Pulau ini dan Kebetulan juga mumpung saya ditugaskan oleh Provinsi Jawa Timur menjadi Plt. Bupati Sampang, sehingga saya sekalian mengajak seluruh Kepala Dinas SKPD yang ada di lingkungan Kabupaten Kabupaten Sampang dengan bertujuan agar tahu akan kekurangan dan keluhan serta kebutuhan masyarakat di sini sini yang sebagian besar bermata pencaharian nelayan, sedangkan pada hari ini saya prioritaskan yang paling utama adalah dari segi kesehatan, maka dari itu Kepala Dinas Kesehatan Dr. H. Firman Pria Abadi mengajak seluruh timnya baik para dokter maupun Kepala Puskesmas juga perawat dan bidan. Jadi bapak-bapak maupun ibu-ibu masyarakat yang hadir disini bisa bertanya sepuas-puasnya kepada seluruh kepala dinas yang saya bawa ke pulau mandangin ini”, Ujar Drs. EC. Jonathan Judianto, M.MT.

Setelah melakukan sambutan Plt. Bupati Sampang memberikan sesi tanya jawab kepada kepada masyarakat yang hadir, sehingga masyarakat yang hadir merasa puas oleh jawaban Kepala Dinas yang bersinggungan maupun oleh Plt. Bupati Sampang. Setelah acara di Balai Desa selesai Drs. EC. Jonathan Judianto, M.MT meninjau ke Puskesmas Pembantu kemudian mampir ke rumah kepala Desa dan sekitar jam 14.00 Wib Plt. Bupati Sampang beserta rombongan, termasuk media Warta Hukum Sampang meninggalkan Pulau Mandangin. #(is-one)#