PEMKAB JEMBER GELAR SENI BUDAYA

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Jember : Pemkab Jember Gelar Seluruh Potensi Pendhalungan di Gedung Cak Durasim. Kabupaten Jember yang sangat dikenal sebagai Kabupaten penuh ragam budaya, dimana adanya percampuran antara Budaya Jawa dan Budaya Madura. Percampuran dua budaya yang telah terjadi ini menjadikan Kabupaten Jember dikenal sebagai Kabupaten Pendhalungan (Campuran).

Tak hanya budaya dan tradisi. Namun Jember juga dikenal sebagai perpaduan dari multi etnis yang menjadi satu. Oleh karenanya, untuk pertama kalinya, Bupati Jember melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Jember menggelar seni pesona budaya Pendhalungan Jember yang dilakukan Taman Budaya, gedung Kesenian Cak Durasim, Surabaya, Jumat Malam, (9/3/2018). Gelar seni budaya pendhalungan ini juga banyak menyedot antusias warga Surabaya sendiri termasuk para warga expatriat.

Ada sekitar 15 orang ekspatriat asal Korea, Malaysia, India, Australia, Nigeria, dan negara lain yang turut menyaksikan para seniman Jember melakukan kepiawaiannya dalam seni gerak dan tari. Tak hanya itu saja, Dalam gelar pesona budaya pandhalungan Jember 2018, selain menampilkan beberapa tarian dan seni pendhalungan. Dalam pagelaran ini juga dimainkan Sandiwara kolosal dengab judul “Sekar Gebang Taman” yang dikemas melalui sendratari. Termasuk juga, tarian Sarkowarih, Drama Seni Campursari, Seni Kentrung berjudul Dewi Rengganis, dan seni jaranan.

Selain juga menggelar seni dan budayanya. Pagelaran ini juga diramaikan dengan adanya pameran produk UMKM andalan Jember, mulai dari kopi, kakao, suwar suwir, sebagai destinasi produk unggulan Kabupaten Jember. 5 Politisi Anggota DPRD Jember Saksikan Gelar Seni Budaya Pendhalungan Ada sebuah pemandangan yang sangat menyejukkan saat gelar seni budaya pendhalungan yang digelar di Balai Budaya Cak Durasim, Surabaya.

Dimana dalam pagelaran tersebut selain disaksikan oleh para Mahasiswa Ekspariat mancanegara. Ada sejumlah para pimpinan DPRD Jember yang turut serta bersama rombongan Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR, yang ikut menyaksikan pagelaran seni budaya nan apik tersebut. Dimana para Pimpinan Dewan tersebut adalah Politisi PKS yang sekarang menjabat sebagai Wakil Ketua Pimpinan DPRD Kabupaten Jember, dr Yuli Priyanto, Politisi Senior PDI-P, M Bukri, Partai PPP, Sukarso, Anggota DPRD dari Partai Hanura, Isa Mahdi, dan Politisi Senior Partai Golkar, Yudi Hartono, serta tidak ketinggalan Sekretaris Dewan, Jupriyanto.

Dari pemandangan yang jarang ini bahwa menunjukkan para wakil rakyat tersebut benar-benar sangat mendukung perkembangan kemajuan seni dan budaya di Kabupaten Jember. Bahkan terlihat juga Politisi Senior Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (PDIP-P), M. Bukri, membeli lukisan bulu distand pameran bersama Bupati Faida. “Lha ini bentuk dukungan langsung dari pak Bukri sebagai anggota Dewan kepada para seniman”, ungkap Bupati Faida dalam sendau guraunya dengan para pimpinan dewan tersebut.(Ali Ridho/Humas Jember)