PILKADA SERENTAK KOTA PROBOLINGGO DIIKUTI EMPAT PASANGAN CALON WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA (PERIODE 2018–2023)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Probolinggo : Pilkada serentak 2018 sudah dekat beberapa hari yang lalu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Probolinggo membacaan SK Penetapan empat pasangan calon walikota dan wakil walikota yang maju dalam pemilihan Kepala Daerah Pilkada (2018) dari hasil yang dihimpun koresponden Media Warta Hukum di Probolinggo sesuai dengan SK KPU nomor : 21/HK/03.1-kpt/3574/kot/II/2018 empat pasangan yang memenuhi syarat maju pilkada ada pasangan dari partai politik Syamsu Alam–Kulup Wiyono dari (PDIP) Fernanda Zulkarnaian–Zulfikar Imawan dari (Golkar, Nasdem, PPP, Gerindra). Habib Hadi Zainul Abidin–Saubri dari (PKB, Demokrat, PKS) sedangkan Suwito–Feri Rahyuwono dari jalur Independent.

sedangkan pasangan dari jalur independent lainnya Sukirman Abdul Azis RM dinyatakan tidak memenuhi syarat lantaran tidak lolos dalam ferifikasi factual yang dilakukan KPU saat itu rapat pleno dihadiri para paslon dan tim sukses pemenangan, ketua panwaslu Suef Riyant, Bakes Bangpol Teguh Bagus Sujawanto dan Kapolresta Probolinggo Alfian Nurizal juga hadir memantau pelaksanaan juga puluhan aparat keamanan Nampak bersiap siaga di kantor KPU Kota Probolinggo dengan ditetapkan empat pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Kota Probolinggo. Berbagai pihak masyarakat menyampaikan dengan berharap pelaksanaan pilkada nantinya aman dan kondusif dan menghasilkan calon pemimpin Walikota dan Wakil Walikota yang terbaik sehingga bisa mensejahterakan rakyatnya.

Para calon Walikota dan Wakil Walikota yang sudah ditetapkan sudah menyampaikan laporan harta kekayaan pejabat Negara (LHKPN) menjadi kewenangan KPK :

  • Sementara kekayaan pasangan calon Walikota Habib Hadi memiliki kekayaan Rp. 10.059.345.704,- (Sepuluh miliar lima puluh Sembilan juta tiga ratus empat puluh lima ribu tujuh ratus empat rupiah). Dan Calon Wakil Walikota Saubri memiliki kekayaan Rp. 12.517.206.934,- (dua belas miliar lima ratus tujuh belas juta dua ratus enam ribu sembilan ratus tiga puluh empat rupiah)
  • Sementara kekayaan pasangan calon Walikota Fernanda Zulkarnain memiliki kekayaan 427.618.649,- (tiga miliar empat ratus dua puluh tujuh juta enam ratus delapan belas ribu enam ratus empat puluh sembilan rupiah) dan calon Wakil Walikota Zulfikar Imawan memiliki kekayaan Rp. 3.726.176.682,- (Tiga miliar tujuh ratus dua puluh enam juta seratus tujuh puluh enam ribu enam ratus delapan puluh dua rupiah)
  • Sementara kekayaan calon Walikota Syamsu Alam memiliki kekayaan Rp. 8.570.320.750,- (Delapan miliar lima ratus tujuh puluh juta tiga ratus dua puluh ribu tujuh ratus lima puluh rupiah) dan calon Wakil Walikota Kukup Widyono memiliki kekayaan Rp. 4.673.317.844 (empat miliar enam ratus tujuh puluh tiga juta tiga ratus tujuh belas ribu delapan ratus empat puluh empat rupiah)
  • Sementara kekayaan calon walikota Suwito memiliki kekayaan Rp. 1.087.000.000,- ( satu miliar delapan puluh tujuh juta ribu rupiah) dan calon wakil walikota Fery Rahyuwono memiliki kekayaan Rp. 817.000.000,- (Delapan ratus tujuh belas juta rupiah)

Dengan melihat harta kekayaan para calon Walikota dan Wakil Walikota Kota Probolinggo mungkin kebenaraanya masyarakat yang menilai termasuk dana kampanye nantinya bisa audit oleh pihak terkait. (Rohim)