Sampang Menyelenggarakan Sidang Isbat Massal

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Sampang : Untuk menertibkan masyarakat Sampang dalam segi kependudukan khususnya masalah Akte Nikah dan Akte kelahiran merupakan tindak lanjut untuk mengetahui jumlah penduduk, maka untuk mengantisipasi ketidak mengertian akan penting Akte nikah dan Akte kelahiran yang rata-rata masyarakat Sampang tidak memiliki, sehingga pada hari Jum’at (23/02/2018) jam 08.30 Wib, sekitar 100 Pasangan suami-istri se kecamatan Omben dan 21 Pasangan suami-istri dari Kecamatan Karang Penang-Sampang mengikuti Sidang Isbat dengan tujuan untuk mendapatkan surat nikah, karena selama ini tidak di miliki oleh para Pasangan tersebut, sehingga otomatis tidak dapat mengurus Akte kelahiran bagi putra-putrinya.

Untuk mengatasi problem di atas, maka Bapak Bupati Sampang (H. Fadhilah Budiono) yang bekerja sama dengan para jajarannya antara lain dari Bakesbangpol, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Pengadilan Agama, Polres Sampang dan juga dari Kodim 0828 Sampang, kebetulan hadir pula dari staff kepresidenan (A. Munajad) beserta rombongan.

Dalam sambutannya Bupati Sampang (H. Fadhilah Budiono) mengatakan, “Tolong kepada bapak-bapak dan ibu-ibu dengan adanya sidang Isbat massal supaya di pergunakan dengan sebaik-baiknya, karena dengan adanya penyelenggaraan ini prosesnya bisa lebih cepat dan Selain itu tidak dikenakan biaya atau gratis, Selain itu dengan adanya sidang Isbat ini bapak-bapak dan ibu-ibu apabila sudah mempunyai keturunan, nantinya bisa langsung ngurus Akte kelahiran “, Ujar H. Fadhilah Budiono.
Sedangkan dari Kepala Pengadilan Agama Sampang mengatakan,” Dengan diadakan nya program sidang Isbat (kawin massal) seperti ini tolong di Manfaatkan betul-betul, Selain bapak-bapak dan ibu-ibu mempunyai surat secara sah dan apabila sudah mempunyai keturunan akan bisa mengurus Akte kelahiran bagi putra-putrinya, Bapak dan ibu juga bisa ikut membantu pemerintah untuk mengetahui jumlah penduduk atau sensus penduduk “, Kata Beliau dalam sambutannya.

Setelah itu kami dari pihak media mendatangi salah seorang peserta sidang Isbat (M. Soleh) dalam wawancaranya M. Soleh mengatakan,” Dengan ada ini saya beserta istri sangat mendukung dan berterima kasih kepada Bapak Bupati, karena saya sudah tidak repot repot lagi untuk mengurus surat nikah lagi, dulu kita pernah ngurus, akan tetapi sulit sekali dan harus beberapa kali sidang, tapi kalau ini buku nikah langsung selesai beserta Akte kelahirannya, prosesnya cepat sekali mas”, Ungkap M. Soleh.
Dengan diadakanya sidang Isbat atau kawin massal ini, para peserta sangat antusias dan merasa puas, terutama dalam segi proses dan pelayanannya sangat cepat satu hari surat-suratnya sudah beserta Akte kelahiran langsung selesai sehingga acara tersebut berjalan dengan lancar dan berakhir rampung sekitar jam 10.45 Wib Yang diakhiri dengan foto bersama.