Pengukuhan, Deklarasi Dan Pelantikan Kesatuan Pengawas Korupsi Republik Indonesia (KPK-RI) Sampang

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Sampang : Kesatuan Pengawasan Republik Indonesia (KPK-RI) merupakan suatu Lembaga Partisipasi yang merupakan salah satu Lembaga Masyarakat dengan tujuan pengawasan dan kontroling kenangan anggaran Negara, pada hari Senin (19/02/2018) sekitar Jam 11.00 Wib, bertempat di gedung Aula PKPN Trunojoyo yang beralamat jalan Rajawali Sampang.

Lembaga KPK-RI melaksanakan Pengukuhan dan Deklarasi sekaligus Pelantikan terhadap anggota Dewan Pimpinan Daerah (DPD) KPK-RI Kabupaten Sampang.

Acara Pengukuhan dan Deklarasi serta pelantikan DPD Sampang di laksanakan oleh Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Propinsi Jawa Timur (Saut Sitompul, SH), acara tersebut juga dihadiri serta yang menyaksikan langsung adalah Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) KPK-RI yaitu (Purn) Laksamana TNI AL DR. Endi Samsuhari, MM, M.Oxcel beserta seluruh jajaran DPW dan DPD KPK-RI yang ada di Indonesia.

Adapun sambutan dari Dewan Pembina KPK – RI Kabupaten Sampang yang merupakan juga Wakil Ketua DPW KPK-RI Propinsi Jawa Timur (H. Shawaludin) mengatakan, “Saya selaku Dewan Pembina mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada seluruh rekan-rekan yang hadir, khususnya Bapak Bupati Sampang, TNI, Polres Sampang, Kejaksaan Negeri Sampang dan pihak-pihak yang terkait didalamnya.

Acara Pengukuhan, dan deklarasi sekaligus pelantikan DPD KPK-RI Kabupaten Sampang ini, yaitu menjalin kerjasama dengan pihak pihak penegak hukum diantaranya pihak kepolisian maupun Kejaksaan Negeri, KPK-RI juga sebagai kontrol dan pengawas dalam penggunaan anggaran keuangan negara selain itu KPK RI juga ke depannya akan melakukan agenda audensi dan sosialisasi ke semua dinas sampai ke desa yang ada di wilayah Sampang, Selain itu kita berharap untuk menjalin Mitra kerja dengan penegak Hukum dan juga pihak yang terkait agar bersama-sama mengawal dan mengawasi pemerintahan khususnya Pemerintah Daerah, dengan tujuan supaya bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, baik yang dilakukan oleh oknum Pemerintah maupun dari pihak swasta”, Ujar H. Shawaludin.

Sedangkan menurut ketua KPK-RI (M. Faruk) dalam wawancaranya mengatakan, “Tujuannya di Deklarasikannya KPK-RI yaitu untuk menciptakan kontroling dan pengawasan baik di tingkat SKPD Sampang maupun di tingkat non Pemerintahan yang selama ini berada di kabupaten Sampang”, Ujar M. Faruk.

Bupati Sampang (H. Fadhilah Budiono) dalam wawancaranya di temui secara terpisah oleh pihak media mengatakan, “Dengan dikukuhkannya KPK-RI ini saya sangat bersyukur, karena dengan ini KPK-RI bisa dapat mengawasi keuangan Daerah maupun keuangan negara yang selama ini di tingkat SKPD kurang adanya kontroling dan pengawasan dari Lembaga-lembaga lainnya, sehingga kedepannya saya mengharapkan kepada KPK-RI untuk kerja samanya dengan pihak-pihak terkait didalamnya “, Kata H. Fadhilah Budiono.

Adapun acara tersebut dihadiri oleh beberapa elemen, diantaranya, Bupati Sampang, Kajari Sampang, Polres Sampang, jajaran Dandim 0828 Sampang, Pimpinan Redaksi Warta Hukum (Mustofa), Wapimpred (Teguh), Pembina KPK-RI yang merupakan salah satu tokoh berpengaruh (Bapak Gunjek), Kepala Desa Pamolaan Camplong (Masfur), semua anggota baru KPK-RI DPD Sampang, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang ada di Sampang,dan kalangan awak media, acara tersebut berakhir sekitar jam 12.00 Wib.