Peringati HPN Ke -72 Bersama Pemerintah Ngawi Dan Insan Pers

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Ngawi : Perngatan Hari Pers Nasional ( HPN ) ke-72 yang diadakan di gedung aula bernadip yang terletak di Kelurahan Margomulyo Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi Jawa Timur, disampaikan oleh salah satu perwakilan insan pers Jatmiko selaku ketua panitia yang sekaligus membacakan susunan acara dalam memperingati HPN ke-72 ditahun 2018 ini, (14/02/2018). Antusias wartawan Ngawi yang tergabung dalam komunitas Persatuan wartawan Ngawi (PWN), Asosiasi Jurnalistik Ngawi (AJN), dan Jurnalistik Elektronik TV, maupun Online. Semarak dalam memperingati Hari Pers Nasional (HPN) yang ke-72 tahun 2018, dengan tema ” Menciptakan Pers yang Berimbang” ditengah kebangkitan arus informasi, dan digital.

Dalam acara tersebut, dihadiri oleh Pemerintah Kabupaten Ngawi, melalui jajarannya. Diantaranya, Kepala Dinas Komunikasi, dan Informatika (Kominfo), Prasetyo, Kabag Humas Pemkab Ngawi, Totok Sudaryanto, Ketua DPRD Ngawi, Dwi Rianto Jatmiko, perwakilan Polres Ngawi, Kasat Lantas AKP Rukimen, perwakilan dari Kejaksaan Negeri Ngawi, Rasit, beserta seluruh wartawan, Kabiro, serta Pimpinan Redaksi media baik dari media cetak, Online, maupun TV se-Kabupaten Ngawi, yang ikut hadir dalam acara HPN tersebut.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Komunikasi, dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Ngawi, Prasetyo dikesempatan tersebut menyampaikan apresiasi dukungannya terhadap Insan Pers yang ada di Kabupaten Ngawi, dikatakannya,” kita selalu mendukung keberadaan Insan Pers dalam kegiatan jurnalistiknya. Namun dalam hal ini haruslah bersungguh-sungguh dalam menyediakan informasi yang akurat dan berimbang, serta tidak menyebarkan berita Hoax. Selain itu perkembangan era digitalisasi dijaman sekarang ini, diharapkan Insan Pers yang ada di Kabupaten Ngawi ini, juga mempunyai daya saing sehingga bisa memberikan informasi berita-berita yang dapat menarik peminatnya untuk membaca. Kemudian juga dapat ikut berpartisipasi dalam pembangunan Kabupaten Ngawi melalui gagasannya, aspirasi masyarakat, edukasi, dan lainnya sesuai dengan keahliannya masing-masing,” jelas Prasetyo memotivasi Insan Pers yang ada di Kabupaten Ngawi.

Dikesempatan yang sama, Kepala Bagian Humas Kabupaten Ngawi, Totok Sudaryanto, juga menyampaikan motivasinya kepada Insan Pers Ngawi, dikatakannya,” peran Pers memang sangat penting ditengah-tengah masyarakat public, sehingga dalam hal ini diharapkan, Insan Pers Ngawi juga dapat memberikan berita-berita yang aktual dan berimbang, mungkin berita tentang dunia pendidikan, ataupun tentang pembangunan, dan bukan menyajikan berita-berita Hoax kepada masyarakat public yang membacanya,” terang Totok Sudaryanto.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua DPRD Ngawi, Dwi Rianto Jatmiko, dalam sambutannya dikesempatan tersebut mengatakan,” HPN yang ke-72 tahun 2018 ini,harus dijadikan semangat memotivasi Insan Pers yang ada di Kabupaten Ngawi ini, untuk senantisasa selalu update pengetahuan, untuk mengasah, dan membekali diri dengan kemampuan-kemampuan yang canggih (berdaya saing red) karena untuk saat ini kita dihadapkan pada era digital elektronik yang tidak mungkin dapat dihindari,” ujar Ketua DPRD Dwi Rianto Jatmiko.

Kemudian Insan Pers Ngawi juga mempunyai motivasi yang sangat tinggi dalam menyajikan berita-berita fakta, actual, berimbang, dan berkualitas, agar dapat menjadi perhatian pemerintah daerah dalam rangka untuk kesejahteraan masyarakatnya. Diakui atau tidak, dalam hal ujung tombak penyampaian informasi, aspirasi, dan sebagainya melalui rekan-rekan Insan Pers ini lebih simple, lebih mudah, tidak bertele–tele. Akan tetapi juga harus diimbangi dengan kemampuan-kemampuan, agar dalam melihat konteks permasalahan yang ada di masyarakat lebih jernih dalam menyajikan tulisan-tulisan, kajian-kajian, yang mempunyai nilai atau value, yang bisa dibaca, dinikmati, dirasakan, sekaligus menambah kecerdasan dan pendidikan masyarakat dalam hal wawasan,”pungkasnya.

Kami seluruh insan pers khususnya yang bertugas di wilayah Kabupaten Ngawi mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemerintah Kabupaten Ngawi dan Muspika setempat dalam bersenergi manyatukan misi kedepan sehingga Ngawi akan lebih maju dan kondusif dari yang sekarang dan smoga dan mengharap pelaksanaan HPN tahun depan lebih meriah dan kalau bisa yang lebih bermakna dan bermanfaat untuk masyarakat Kabupaten Ngawi, khususnya. (Yl)