MPN Korwil Madiun Bersama Wabup Madiun Memperingati HPN Di “Pendopo Graha Ronggo Djumeno” Puspem Kabupaten Madiun

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Madiun : Bertempat di Pendopo Graha Ronggo Djumeno Kabupaten Madiun, Wakil Bupati beserta jajarannya dan muspika beserta Insan Pers se-wilayah Kabupaten Madiun, bersama-sama menggelar Momen untuk memperingati Hari Pers Nasional (HPN) Dengan Tema “Pers Sebagai Pemersatu Bangsa”. Jumat, 9/2/2018.

Wakil Bupati Madiun Iswanto meminta wartawan saat ini harus ikut bertanggung jawab untuk mencerdaskan masyarakat dengan menyebarkan informasi berdasarkan berita fakta. “Wartawan atau pers saat ini harus professional dan bermartabat menyebarkan informasi yang benar dan akurat. Sehingga dengan membaca berita di koran, majalah, ataupun melihat di televisi, masyarakat akan bertambah pengetahuannya dan meningkat kecerdasannya,” ujar Wakil Bupati Madiun Iswanto.

Iswanto yang berbicara dalam peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2018 tanggal 9 Februari di ruang Galeri Pendopo Ronggo Djumeno Komplek Pusat Pemerintahan, Mejayan, Kabupaten Madiun, menambahkan untuk berperan mencerdaskan masyarakat, wartawan juga dilarang membuat berita yang berkonten menyesatkan atau berita bohong fitnah.

Dia menyebut pemerintah harus membatasi berita-berita hoax sebab bangsa kita saat ini sedang menghadapi kejadian-kejadian yang mengarah ke hal disintegritas dan bahaya narkoba musuh kita bersama tidak hanya cukup pemerintah masyarakat harus pro aktif.

“Terorisme, ajakan gerakan radikal, hingga semua elemen bangsa yang mudah dimanfaatkan oleh penyedia berita hoaks. Itu semua harus dicegah mulai sekarang,” kata dia. Pers saat ini juga dituntut berperan sebagai kontrol sosial dari kinerja pemerintahan kabupaten Madiun atau lembaga negara lainnya.

Wakil Bupati berpesan, tahun 2018 merupakan tahun politik tahapan pilkada-pilgub. Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Madiun akan digelar pada 27 Juni 2018. Pers independen harus bisa menjadi wasit dan pembimbing yang adil, menjadi pengawas yang teliti, dan seksama terhadap pelaksanaan pilkada.

“Pers harus meliput kegiatan pilkada secara independen dan jelas. Tidak memihak manapun, sehingga masyarakat tidak resah,” katanya.

Sebagai kepala daerah, Iswanto mengaku sangat terbantu dengan keberadaan wartawan dan media massa yang objektif, cerdas, dan berimbang. Sebab, dengan keberadaan wartawan dan media massa tersebut, program dan informasi pemerintah, terlebih program Pemerintah Kabupaten Madiun dapat tersosialisasikan ke masyarakat dengan baik. Humas kominfo kabupaten Madiun berjalan lancar dan sukses.

Semoga harapan kita dari insan Pers untuk pelaksanaan memperingati Hari Pers Nasional tahun depan lebih meriah, bermakna untuk masyarakat Madiun khususnya. “(Yl)