Program Normalisasi Sungai Kali Kamoning Di Sampang

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Sampang : Program Normalisasi Sungai Kali Kamoning di Sampang Program normalisasi Sungai Kali Kamoning di Sampang sudah menjadi kiat dan tekat bersama bersama masyarakat Sampang, maka untuk mengatasi adanya benturan atau gesekan dengan masyarakat yang terdampak program normalisasi, pada hari Kamis (04/01/2018), pihak kelurahan Dalpenang bekerja sama dengan Dinas BAPELITBANGDA, Badan Pertanahan Nasional (BPN) camat Sampang, Koramil, pihak Konsultan dari PT. Jati Wangi (Rudi Jaya), ketua LP3D dan juga warga yang terkena dampak program normalisasi.

Ditemui secara terpisah dari pihak Dinas BAPELITBANGDA ( Abdul Richman) mengatakan, “diadakannya sosialisasi normalisasi Sungai kamoning karena kelurahan Dalpenang merupakan paling parah dampak bencana banjir, dan sekaligus daerah Dalpenang dalam segi proyek program normalisasi pembebasan tanahnya adalah yang paling banyak, maka dari itu normalisasi tersebut bertujuan untuk mengurangi bencana banjir paling tidak meminimalisasi, walaupun tidak sampai 100%, faktor penyebab lainnya sungai kali Kamoning daya tampung air nya memang kurang lebar, dan selain itu juga ingin mensosialisasikan atas ganti rugi tanah yang terdampak pada program normalisasi tersebut, supaya masyarakat tidak merasa terlalu dirugikan Mas, kata beliau.

Pekerjaan proyek normalisasi itu sendiri dilakukan sejak akhir tahun 2017 sampai akhir tahun 2019, sesuai jangka waktu percepatan di lapangan nanti, pekerjaan itu sendiri di mulai dari desa tanggumong sampai ke Muara sungai yaitu di pelabuhan tanglok Kelurahan Banyuanyar, panjangnya program normalisasi sekitar 9-10 km dengan lebar Palung Sungai bervariasi yaitu antara 30 – 35 meter “, kata Abdul Rachman kepada pihak media.

Sedangkan Ketua LP3D (M. Mansyur) mengungkapkan, “Intinya LP3D sangat mendukung adanya sosialisasi ini dan khususnya dari pihak lembaga kami akan terus mengawal pengerjaan program normalisasi Sungai Kali Kamoning, sedangkan untuk tanah warga yang terimbas atau terkena dampak normalisasi pihak kami sudah menyiapkan tim advokat yang siap membantu agar supaya masyarakat tidak terlalu dirugikan serta dari pihak LP3D akan terus memberikan pengertian dan penjelasan kepada masyarakat, sehingga masyarakat akan menjadi Sadar dan tahu betapa pentingnya diadakannya program normalisasi Kali Kamoning tersebut”, Ujar M. Mansyur.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, maka dari pihak pemerintah, pelaksana atau Konsultan proyek, LSM serta masyarakat yang hadir merasa puas dan mereka sepakat untuk saling bekerja sama dengan satu tujuan yaitu mensukseskan program normalisasi Sungai Kali Kamoning sehingga Sampang tidak rawan lagi akan bencana banjir.  Acara sosialisasi bertempat di Kantor kelurahan Dalpenang, dimulai pada jam 08.30 Wib dan selesai jam 11.00 Wib. (is-one)