KPU KOTA TEGAL BESERTA KOMISIONER PANWASLU DAN PPK GELAR RAPAT PENATAAN DAPIL DAN SIMULASI PENGHITUNGAN ALOKASI KURSI DPRD KOTA TEGAL.

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Tegal : Jum’at (22/12/2017). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal Laksanakan rapat Penataan Dapil dan Simulasi Penghitungan Alokasi Kursi DPRD Kota Tegal jelang pemilu Tahun 2019 nanti.

Rapat yang di gelar di Jasmine Room Riez Palace Hotel Jl. Gajah Mada Kelurahan Mintaragen Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal di hadiri Ketua KPU Kota Tegal Bpk.Agus Wijanarko, SH. Sekretaris KPU Bpk.Soni Sontani, Komisioner Panwaslu Kota Tegal Bpk. Imam Tofani, Ketua PPK se-Kota Tegal dan perwakilan dari partai politik Kota Tegal.

Pada acara tersebut Ketua KPU Kota Tegal Agus Wijanarko.SH, Menyampaikan bahwa perhitungan kursi berdasarkan pada hasil pemilu Th 2014, Jumlah kursi di DPRD Kota Tegal pada Pemilu Th 2019 mendatang masih sama, yakni 30 kursi, namun, penyebarannya akan berubah dari pemilu sebelumnya di Empat Kecamatan.

Ketua KPU menyampaikan adanya penambahan jumlah penduduk di Kecamatan Margadana menyebabkan distribusi kursi juga berubah Diwilayah tersebut mengalami penambahan sebanyak 1 kursi. “Karena jumlah kursinya tetap maka di Kecamatan yang lain yakni Kec. Tegal Barat mengalami pengurangan 1 kursi”, Tandas Agus.

Untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Ada empat, yaitu kecamatan Tegal Barat, kecamatan Tegal Timur, Kecamatan Tegal Selatan, dan Kecamatan Margadana namun Penyebaran berubah Karna mengalami perubahan Jumlah Kursi Untuk Kecamatan Margadana dari 6 kursi berubah menjadi 7 kursi.

Sementara di Tegal Barat pada Pemilu Tahun 2014 lalu jumlah kursi 8 berubah menjadi 7 Kursi, “Ini nanti kita usulkan ke Pusat Karena memang usulannya dari kita” Ungkapnya.

Komisioner KPU Kota Tegal Arisandi Kurniawan menambahkan perubahan penyebaran ini berdasarkan pada jumlah penduduk terakhir di Juni 2017 atau Daftar Agregad Kependudukan (DAK) II. Adapun penataan jumlah kursi tiap dapil yakni Kecamatan Tegal Barat jumlah penduduk 67.510, jumlah sebanyak 7 kursi. Kecamatan Margadana jumlah penduduk 63.230, jumlah 7 kursi.

Lalu, Kecamatan Tegal Selatan jumlah penduduk 68.087 jumlah 7 kursi dan Kecamatan Tegal Timur jumlah penduduk 82.113 jumlah 9 kursi Tandasnya. *”fier”*