KOTA PROBOLINGGO AKAN MENGHADAPI PESTA DEMOKRASI PEMILIHAN WALIKOTA PILKADA SERENTAK 2018 MENGHARAP KONDUSIF  

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH PROBOLINGGO : Beberapa bulan lagi tepatnya bulan Juni 2018 Kota Probolinggo akan menyelenggarakan pesta Demokrasi Pemilihan Walikota Probolinggo Pilkada Serentak. Kota Probolinggo Kota yang sangat strategis yang terkenal mangga dan santrinya yang memiliki 5 Kecamatan, 29 Kelurahan meskipun masih beberapa bulan lagi KPUD setempat mulai mempersiapkan, menghadapi pesta Demokrasi tersebut, dari banyaknya calon – calon yang berlaga pada Pilwali 2018 kurang lebih ada beberapa calon Walikota dan Wakil Walikota Probolinggo, dari hasil yang dihimpun Koresponden Warta Hukum di Probolinggo.

Kota Probolinggo memiliki 30 kursi anggota DPRD terdiri dari partai Politik, diantaranya : Partai PDIP 8 kursi anggota Dewan, Golkar 5 kursi anggota dewan, Nasdem 4 kursi anggota dewan, PKB 4 kursi anggota dewan, PPP 3 Kursi anggota dewan, Gerindara 3 kursi anggota dewan, Demokrat 2 kursi anggota dewan, PKS 1 kursi anggota dewan. Kalau melihat partai politik yang berhak mengusung para Calon Walikota dan Wakil Walikota memiliki 20% atau 6 kursi DPRD jadi partai yang ada hanya PDIP yang tidak perlu berkualisi dan partai yang lain harus berkualisi dengan partai yang lain. Karena tidak mencapai 20% 6 kursi DPRD diantaranya : Golkar, Nasdem, PKB, PPP, Gerindra, Demokrat, PKS.

Dari pantauan Warta Hukum demi meriahkan pesta Demokrasi Pilwali Kota Probolinggopara Partai Politik melakukan penjaringan para calon Walikota dan Wakil Walikota juga ikut serta dari pihak elemen masyarakat ikut serta memeriahkan Demokrasi Pilwali Kota Probolinggo, sedangkan kandidat figur calon Pilwali yang sangat santer yang diketahui oleh masyarakat Kota Probolinggo diantaranya Hj. Rukmini dari Partai PDI, Habib Hadi dari Partai PKB, Fernanda Zulkarnain dari Partai Golkar,  Dr. Aminudin  dari Partai Gerindra, Partai PPP masih dalam penjaringan dari partai Demokrat dan PKS belum menentukan sikapnya, ada hal yang menarik untuk memeriahkan pesta Demokrasi Pilwali Kota Probolinggo berbagai pihak elemen masyarakat mengharap dalam pelaksanaan Pilwali nantinya Kota Probolinggo tetap kondusif dan menghasilkan pemimpin yang bisa memimpin Kota Probolinggo yang lebih baik, bahkan banyak slogan – slogan tulisan sepanjang Kota Probolinggo terpampang baner – baner yang isinya mengharap nantinya yang terpilih Walikota Probolinggo yang amanah yang bisa memimpin Kota Probolinggo. (Rohim)