Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD) Membantu Bpp (Balai Penyuluhan Pertanian) kecamatan Tragah .

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Bangkalan : Memberikan kartu Tani dengan ibu Jana Sandra dari manajer bank BNI Jakarta. MOH. DAHRI Selaku Kader PMMD Kec. Tragah membantu dan ikut serta pemberian Kartu Tani di Kecamatan Tragah. Ibu Jana Sandra memaparkan tentang kartu Tani, mengatakan bahwa kartu Tani ini program dari presiden Jokowi yang melalui beberapa bank terkait . Seperti Bank  BNI, Bank, Bri, Bank Mandiri, dan lain-lain, di Madura khususnya di Kabupaten Bangkalan . Melalui bank BNI, untuk tahap pertama ada beberapa petani yang mendapatkan kartu Tani melalui kelompok Tani seperti di desa masaran dan ja’ah.

Penerima kartu Tani tahap pertama di bawah ini Kelompok Desa Masaran:

1.kelompok Harapan Mulia 1 Sebanyak 71 kartu

2.kelompok harapan mulya 2 sebanyak =81 kartu

3.kelompok Harapan mulya 3 sebanyak =83 kartu 

4.kelompokharapa mulya 4 sebanyak =16 kartu

5.kelompok harapan mulya5 sebanyak =42 kartu. Data di desa Ja’ah 1.kelompok harapan Jaya 1=37 kartu 2.kelompok Harapan Jaya 2=64 kartu     3.kelompok harapan Jaya 3=14 kartu 4.kelompokharapan Jaya 4=58 kartu.

Total khusus kecamatan Tragah petani yang dapat kartu Tani adalah =466 kartu.,tuturnya.

Pemberian kartu Tani tersebut dilaksanakan pada Rabu, 20 Desember 2017 tempat di Kantor BPP(Balai Penyuluhan Pertanian) Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan. Kegiatan direncanakan akan dimulai pukul 11:00 sampai selesai. Pelaksanaan pemberian kartu Tani tersebut yg di sambut Oleh Mantri Tani Bapak Prof. Dr. Andhi Prabu , SE, Kordinator Bpp Bapak Priyono., Sp,  dan beserta Anggotanya Seperti Bapak Sonnnie Hidayat, Sp, bapak Selamet Tarmuji., Sp, selaku koordinator POPT(pengendali Organisme Pengganggu Tanaman) . Ibu Fitri Yani,AMD. ibu Siti Kamarwati, ibu Siti Rohimah .

Kader PMMD (pemuda mandiri membangun desa) kecamatan tragah MOH. DAHRI. Bpp(balai penyuluhan pertanian) Yang di wakilkan Oleh Ibu Fitri Yani ‘AMD. Mengatakan, program pembuatan kartu Tani ini yang melalui kelompok Tani ada beberapa tahap bisa di proses seperti ada kelompok, E-KTP yang sudah aktif, dll. Melanjutkan perkataan tujuan kartu Tani ini bermanfaat untuk pembelian pupuk Urea, pupuk Npk, pupuk Za,dan lain-lain. Kelompok tani aktif atau Kelompok tani tidak aktif untuk mengajukan kartu Tani ada proses yang cukup banyak itupun belum tentu dapat karena ada beberapa hal yang bisa terlambat pembuatan kartu Tani tersebut .

E-KTP yang belum di aktifkan di kecamatan terkait juga tidak bisa di baca oleh sistem, dan ibu Fitri Yani, AMD. Mengatakan, jangan sampai ada pertengkaran dan kecemburuan sosial untuk tidak dapat kartu Tani tersebut. Nantinya ada pengajuan yang melalui kelompok Tani dan mengetahui kepala desa masing-masing . Bpp kecamatan tragah siap membantu asal sesuai prosedur yang di tentukan. Ibu Jana Sandra Manajer bank BNI dari jakarta mengatakan bahwa ada beberapa kabupaten dan kecamatan yang dapat hanya 1 orang kartu Tani . Ada juga yang belum dapat sama sekali ada yang sudah daftar tetapi Ktp nya belum di aktifkan maka tidak bisa terbaca oleh sistem , bersyukurlah di kecamatan tragah ini dapat 466 kartu Tani, tuturnya . Untuk diketahui kegiatan tersebut diikuti oleh pemuda Mandiri membangun desa. Perwakilan dari pihak Bank BNI, Mantri Tani, Kordinator Bpp dan anggota Bpp, dan 9 kelompok Tani kecamatan Tragah.