PELATIHAN PEMUDA MANDIRI MEMBANGUN DESA KECAMATAN TRAGAH.

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Bangkalan : Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD) Menggelar Pelatihan Praktek Pembuatan kripik Jagung Lokal Madura dan Praktek Pengolahan Bank Sampah, Serta praktek Pembuatan Pupuk Organik Dan Fermentasi Pakan Ternak (Kambing, Sapi Dll)

Ratusan pemuda mengikuti pelatihan yang di gelar oleh MOH. DAHRI Selaku Kader PMMD Kecamatan Tragah sangat baik karena sangat pas untuk di laksanakan di pedesaan atau petani, karena petani di kecamatan Tragah hususnya Kabupaten Bangkalan banyak pertanyaan dan keluhan yang hasil produksinya selalu berkurang, dan pada panen raya jagung lokal Madura yang sangat miris sekali karena di beli dengan harga yang murah, maka dengan adanya pelatihan ini sangat penting buat petani jagung bisa di buat produk jadi, bisa menambah harga lebih mahal tiga kali lipat.

Pelatihan tersebut dilaksanakan pada Selasa, 28 November 2017 tempat di Yayasan Miftahun Najah di Aula SMK AN-NAJAH Dusun Gundul desa Soket Laok Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan. Kegiatan direncanakan akan dimulai pukul 08:00 sampai selesai. Diperikirakan sedikitnya 150 Pemuda yang hadir dalam pelatihan tersebut.

Kader  Pemuda Mandiri membangun Desa (PMMD)  Kecamatan Tragah Moh Dahri mengungkapkan pelatihan tersebut merupakan bagian program mempora. Saya ingin menyampaikan bahwa pemuda saat ini menjadi subjek untuk membantu kemajuan desa dan menghasilkan produk unggulan desa dan nantinya mengadakan pameran tingkat kecamatan, biar mempunyai prodak unggulan kecamatan tragah yang berbeda. Menurut MOH. DAHRI kacamata tragah ada 18 desa. Tiap desa mempunyai potensi yang berada – beda, ada yang jagung, jambu mente, kacang tanah, singkong, gedung, bambu, sumber air, batu akik Dll. Ini sangat bisa di jadikan prodak unggulan di tiap desa masing – masing sesuai dengan potensinya, karena di PMMD ada beberapa prgram seperti, Pelatihan Kerelawanan, Giat Olahraga, Peningkatan kapasitas Pemuda, Pelatihan Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda, muatan Lokal, membantu kegiatan desa,”tuturnya”.

Dahri melaksanakan program PMMD di kacamatan tragah itu mendapat banyak dukungan. Oleh pak camat tragah, BPP (badan penyuluhan pertanian) kepala desa saket laok, kepala desa saket dajah, dan kepala desa lainnya, himacitra, komppaks, PAC ipnu, ippnu , pramuka, yayasan Miftahun najah, pac ansor,pendamping desa, karang taruna bajaman, karang taruna kamoning, kartar karang leman, kartar pamorah, saket dajah dan karang taruna lainnya.

Bapak Abdul gaduh spd.i Mpdi., Selaku kepala sekolah SMK dan Penyuluh Agama, mengatakan bahwa petani se-tragah harus di beri percontohan dalam bidang apapun khususnya bidang pertanian karena masyarakat petani kalau ada bukti sukses untuk melakukan apapun itu dengan otomatis tanpa di ajak masyarakat mengikuti sendiri, “katanya”. Dia menambahkan pihaknya menyampaikan program pmmd ini sangat tepat membantu kemajuan desa dengan bekerja sama pemuda karang taruna se-tragah. Karena satu tujuan seperti apa yang telah di papar kan oleh moh dahri di program PMMD ini ada enam program 1. Pelatihan Kerelawanan,  2. Giat Olahraga, 3. Peningkatan kapasitas Pemuda, 4. Pelatihan Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda, 5. Muatan Lokal, 6. Membantu kegiatan desa. Kalau pemuda tragah pingin mengadakan acara tentang Narkoba saya siap mendatangkan pengurus provinsi, gratis tidak di kenakan biaya apapun. Empat pemateri ini sangat semangat untuk memberi, membagi ilmunya 1.Supyani pemateri pengolahan bank sampah, sangat bangga dan kagum dengan adanya peserta yang aktif dan semangatnya tinggi, 2. Ibu Fitri pemateri pembuatan Pupuk organik, 3. Bapak Slamet mengisi Pemateri Fermentasi pakan ternak, bilang saya bangga datang di acara ini karena merasakan berhasil untuk memberi ilmunya kepada pemuda, dan memberi pesan kepada ketua penitia peserta yang bernama Fathur ini sangat produktif, nanti kalau saya punya waktu kosong saya mau memberi ilmu kepada dia, 4. Nur Farida pemateri praktek pembuatan kripik jagung lokal madura.

Untuk diketahui kegiatan tersebut diikutii oleh pemuda bukan hanya kacamatan tragah tapi pemuda di luar tragah pun mengikuti. Sedangkan panitia lokal yang terbentuk terdiri dari para pemuda pramuka, komppaks. Undangan yang hadir keacara bapak mantreh tragah, Kepala penyuluh Tragah dan semua prangkatnya, pendamping PMMD Bangkalan,
pelajar SMP ISTANA, SMK AN- NAJAH, petani dusun gundul, kartar bajaman, kartar karang leman, kartar kamoning, kartar pamorah, dan kartar-kartar lainnya. “Perdana”.