PRAMUKA SAKA BAHARI LANAL KOTA TEGAL MENGIKUTI PELAYARAN NUSANTARA VII DENGAN KRI BANDA ACEH-593

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Tegal : Senin (20/11/2017), Sebanyak tujuh personel pramuka Saka Bahari Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tegal mengikuti pelayaran Nusantara VII. Mereka akan berlayar menuju ke pelabuhan Sabang menggunakan KRI Banda Aceh-593.

Acara Pemberangkatan Pelayaran Nusantara VII Lanal kota tegal di awali dengan Upacara Pembukaan sebagai Inspektur Upacara adalah Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan serta Komandan Upacara Danyon Marhanlan III Letkol Mar Tony di Dermaga JITC II Tanjung Priok Jakarta.

Hadir dalam upacara pembukaan dan pemberangkatan peserta Sail Sabang VII, Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M. AP.,  dengan didampingi ketua Umum Jalasenastri Ny. Endah Ade Supandi, para pejabat tinggi Negara, pejabat teras Mabesal dan pejabat TNI lainnya.

Tampak peserta upacara meliputi  satu peleton Perwira, satu peleton Bintara dan Tamtama, satu peleton Taruna AAL, satu peleton Satgas SBJ, satu peleton Korsik, satu peleton ASN, dua peleton Expedisi Nusantara Jaya, tiga peleton Saka Bahari, tiga peleton Bela Negara, dua peleton Marinir, satu peleton Polairud.

Dalam intruksi amanatnya Inspektur Upacara Luhut Binsar Panjaitan menyampaikan kegiatan Sail Sabang ini ini akan memeratakan Pembangunan di bidang sektor Pariwisata di pulau yang terpencil, dengan demikian akan membuat perhatian para turis manca negara dan kedatangan turis asing akan membawa dampak yang positif dan menambah devisa Negara.

Sail Sabang VII ini diikuti sekitar 400 peserta dari 34 Kwarda seluruh Indonesia yang pemberangkatannya menggunakan KRI Banda Aceh-593. Selain Saka Bahari, ada juga Satgas Surya Baskara Jaya yang akan berangkat menggunakan KRI Dr. Suharso-990. “Sedangkan untuk Taruna AAL, mereka akan berangkat menuju ke pelabuhan Sabang menggunakan KRI Bima Suci”, ungkap LB. Panjaitan.

Sementara itu, seluruh peserta Sail Sabang akan bertolak dari Pelabuhan Tanjung Priuk, Jakarta dan berlayar mulai tanggal 20 November-Desember 2017. Selama 27 hari itu, peserta akan melewati rute Jakarta – Batam – Belawan – Sabang – Padang – Bengkulu dan terakhir kembali lagi ke Jakarta. Pada upacara pembukaan juga dimeriahkan dengan Atraksi Drumband Taruna AAL. “fier”