Pesona Tlatah Jawa Timuran 2017 dlm rangka hari jadi kota Sampang ke 394 Th.

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Sampang : Kabupaten Daerah Tingkat II menyelenggarakan pasar rakyat yang bertempat di lapangan Wijaya Kasuma depan Pendopo kabupaten Sampang, kegiatan di mulai tanggal 10 – 25 November 2017, tujuan mengadakan pasar rakyat untuk menyambut akan Hari jadi kota Sampang ke 394 dan juga mengenalkan atau mempromosikan makanan khas Madura khususnya makanan dan juga camilan Sampang.

Peserta dari kegiatan pasar rakyat tersebut di ikuti oleh seluruh kantor Dinas dan kecamatan se kabupaten Sampang.
Menurut Bapak Bupati Sampang dalam sambutannya mengatakan “tujuan dari peringatan Hari jadi Sampang yang ke 394, kita mengadakan pasar rakyat, yang bertujuan pengenalan kesenian tradisional, makanan atau camilan khas kabupaten Sampang dan produk-produk kerajinan hasil karya putra daerah ke seluruh masyarakat Indonesia, kalau bisa sampai ke manca negara, Maka dari itu pihak-pihak dinas yang terkait harus ikut andil dan memotivasi serta mendukung pelaku pelaku yang sifatnya ingin mengenalkan kebudayaan tradisional dan makanan khas kabupaten Sampang”, ujar Beliau.

Pada hari selasa (21/11/2017) jam 20.00 Wib Wakil Gubernur Jawa Timur (H. Syaifullah Yusuf) datang untuk menghadiri Kegiatan tersebut, tujuan dari beliau yaitu mengadakan acara “ngopi bareng bersama Gus Ipul”. Dalam sambutannya H. Syafullah Yusuf mengatakan, ” Kabupaten Sampang kalau dilihat dari segi letak geografis tanahnya yang ada di bawah bawah permukaan laut, sehingga Sampang tiap tahunnya di waktu musim penghujan selalu mengalami banjir bahkan sampai dua atau tiga kali banjir, beliau menambahkan Sampang di tahun 2017 mendapatkan program pemerintah untuk membikin beberapa kegiatan lain-lain, seperti pintu air, sedotan air juga penampungan dan penampungan air, dengan adanya program itu mudah-mudahan banjir bisa dapat teratasi minimal dikurangi, Adapun anggaran dana itu mencapai sekitar 1,3 Trilyun, ujar beliau.

Untuk tahap pertama sudah dikucurkan dana 50 milyar dan tahap kedua 150 milyar atau pengucuran dana kurang lebih sekitar 15%, selanjutnya beliau mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sampang untuk sadar secara bersama-sama menjaga kebersihan sungai, selain itu beliau menghimbau untuk membiasakan diri hidup sehat agar supaya jauh dari penyakit dengan cara olah raga, makan sayur dan buah serta yang terakhir selalu periksa setiap enam bulan sekali terutama buat para ibu-ibu yang cukup rentan terhadap penyakit”, ujar H. Saifullah Yusuf.

Dalam jumpa pers dan ditemui secara terpisah Gus Ipul mengatakan, ” acara tersebut memang diadakan serentak di seluruh Jawa Timur dengan tujuan untuk memperkuat dan memperkokoh rakyat dalam kearifan Lokal, kegiatan tersebut dipamerkan juga produk-produk Lokal dan UMKM yang disertai hiburan juga kesenian tradisional yang ada di daerah itu sendiri. Adapun untuk rencana kedepannya pihak pemerintah provinsi tiap tahun akan mengadakan event-event tingkat kabupaten dengan tujuan untuk menarik wisatawan baik lokal maupun turis mancanegara dan di situ diharapkan pula ada multiplayer effect, misalnya Jember dengan Carnival Banyuwangi ethno Carnival.
Oleh pihak media di singgung tentang pilgub dan Cawagub 2018 H. Saifullah Yusuf akan maju untuk mencalonkan diri berpasangan dengan Azwar Anas apabila beliau diberi kesempatan dan kepercayaan oleh masyarakat Jawa Timur sehingga akan terpilih menjadi Gubernur, untuk Kabupaten Sampang sendiri di lihat dari data Pusat yang termasuk dalam wilayah kabupaten urutan 10 terbawah Jawa Timur dan dikatagorikan daerah yang cukup Tertinggal dari segi derajat pendidikannya maka itu perlu mendapatkan perhatian yang cukup serius umumnya seluruh kabupaten yang ada di kawasan pulau Madura, maka dari itu perlu adanya langkah-langkah yang bersifat progresif dan nyata misalkan dari segi pertanian, perikan kelautan, juga prospek Sumber Daya Alam yang ada dan cukup menjanjikan, pihak pemerintah seharusnya fokus ke peningkatan kwalitas SDM yang terpenting untuk infrastrukturnya supaya sebisa mungkin nanti diserahkan ke pusat atau provinsi sementara untuk APBD Kabupaten fokus kepada SDM daerah dan kesehatan yaitu rumah layak huni, sarana air bersih dan yang terakhir jamban sehat”, Kata Gus Ipul dalam keterangannya.

Kegiatan Pesona Tlatah Jawa Timuran pasar rakyat serta ngopi bareng Gus Ipul, rencananya diselenggarakan selama 15 hari.
Dengan kedatangan Wakil Gubernur Jawa Timur (H. Syaifullah Yusuf) selain Bupati Sampang, dalam hal ini ikut menyambut juga jajaran Kepala Dinas Pemerintah Kabupaten Sampang terlihat juga Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Sampang yaitu H. Abdullah (KADES Bringin Nonggel) beserta seluruh para anggota AKD yang merupakan Kepala Desa wilayah Kabupaten Sampang, dan acara berakhir berakhir pada jam 22.30 Wib. (is-one)