GERAKAN GEMAR MAKAN IKAN “GEMARI” UNTUK MASYARAKAT KOTA TEGAL YANG KUAT,SEHAT DAN CERDAS DI GELAR DI AULA KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL JAWA TENGAH.

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Tegal : kamis (16/11/2017).Peringatan Hari Konsumsi Ikan yang digelar di aula Kecamatan Tegal Selatan bertajuk “GEMARI” Gerakan Ayo Makan Ikan untuk menuju Generasi Kuat,sehat dan cerdas di hadiri sekitar 100 siswa sekolah dasar di wilayah Kec. Tegal Selatan.

Hadir pula dalam acara itu Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal Hj. Endang Nursoleh, Kepala Bidang Kelautan dan Perikanan Ir. Setyo Widardo mewakili Kepala Dislatan Kota Tegal Ir. Noor Fuady, Camat Tegal Selatan Herlien Tjokrowati , Pegiat Kampung Dongeng Tedi Kartino dan undangan lainya.

Pada acara tersebut Camat Tegal Selatan “Herlien Tjokrowati” memberikan sambutan bahwa anak-anak harus makan ikan sebab ikan mengandung protein hewani. “Kalau di rumah ibu masak ikan jangan menolak, karena ikan menyehatkan dan harus dimakan sampai habis”, kata Herlien.

Kepala Bidang Kelautan dan Perikanan Ir. Setyo Widardo mewakili Kepala Dislatan Kota Tegal Noor Fuady menambahkan anak-anak juga harus jangan malu untuk dibuatkan makanan dari olahan ikan. Sebab ikan itu menyehatkan. “Daya tangkap anak lebih mudah kalau gemar mengkonsumsi ikan”, imbuhnya.

Dalam acara itu Tim Penggerak PKK Kota Tegal Endang Nursoleh juga ikut mengajak masyarakat agar gemar makan ikan, karena ikan sangat lezat rasanya dan dapat meningkatkan pertumbuhan anak, baik saat masih dalam kandungan maupun sampai generasi penerus nanti.

“Asupan gizi dari ikan ini dapat mencerdaskan otak kita. Makin banyak makan ikan, maka akan semakin cerdas otak kita ungkap Ibu Endang.

Beliau juga berharap, masyarakat makan ikan minimal 3 kali selama seminggu. Karena ikan mengandung zat gizi seperti protein, mineral, vitamin, lemak ikan dan omega tiga. Kandungan protein pada ikan sangat mudah dicerna.
Selain itu, ikan juga memiliki kandungan asam amino yang lengkap dibandingkan bahan lainnya. Sehingga dapat merangsang perkembangan otak dan perkembangan tubuh.

“Anak-anak jangan takut makan ikan, sebab dengan makan ikan menyebabkan lebih aktif cerdas, kuat, sehat”, pungkasnya.

Anak-anak harus diberikan motivasi agar mau makan ikan ucap Tedi Kartino dari Kampung Dongeng Tegal Nampak sekali anak-anak bergembira di acara tersebut mendengarkan dongeng yang dibawakan Kak Tedi sapaan akrab Tedi Kartino dari kampung dongeng Kota Tegal. “fier”